Mengenal Internet Marketing

apa yang disebut dengan internet marketing?

Internet = internet
Marketing = pemasaran

Secara mudah, yang termasuk kategori internet marketing adalah segala sesuatu yang dipasarkan melalui internet. Contoh: saya bikin tas anak-anak, lalu saya pasarkan lewat mailing list dan forum-forum di internet, ini berarti saya sudah melakukan praktek internet marketing.

Surat saya kali ini saya beri judul tentang mahluk Mars yang ingin bekerja di Bumi, karena menurut saya ini cerita yang dapat mudah diterima untuk mengerti tentang internet marketing.

Saya pertama kali mendapatkan cerita tentang mahluk Mars ini dari Ahira, guru saya, waktu itu kami sedang mengadakan seminar offline. Dan sampai sekarang perumpamaan itu selalu saya gunakan ketika menjelaskan internet marketing.

Begini ceritanya. Ada seorang dari Mars, datang ke Bumi, untuk mencari kerja. Sesampainya di Bumi, dia bingung, karena banyak sekali profesi yang ada, dan sangat berbeda dengan profesi-profesi yang ada di Mars.

Ada profesi dokter, guru, apoteker, notaris, pengacara, engineer, tukang sapu, supir bajaj, dan lain sebagainya. Si mahluk ini sangat kebingungan dan tidak tahu harus mulai mencari uang sebagai apa? Dokter atau guru? Atau lainnya? Akhirnya yang ia lakukan adalah mempelajari dulu, secara umum, masing-masing profesi yang ada di bumi itu. Setelah mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya dia memilih profesi sebagai dokter.

Nah, setelah dia memilih menjadi dokter, ternyata dia harus memilih lagi, karena ada beberapa pilihan seperti: dokter hewan, dokter anak, dokter kandungan, dokter jantung, dll. Belum lagi dia harus menentukan dimana dia akan praktek nantiny, di Jakarta? atau di New York?

Lalu apa hubungannya dengan internet marketing?

Internet marketing itu luasssss sekali, ada beberapa jenis pekerjaan / bisnis yang bisa di lakukan melalui internet di lihat dari bagaimana uang didapatkan, antara lain:

  • Pay Per Lead: anda dibayar untuk setiap referensi
  • Pay Per Click: anda dibayar untuk setiap klik
  • Pay Per Sale: anda dibayar untuk setiap penjualan
  • Network Marketing: anda dibayar sesuai dengan jaringan yang anda bangun

Masing-masing jenis di atas pun masih sangat luas pengertiannya, dimana masih diperlukan riset tempat-tempat yang menyediakan layanan tersebut, tanpa kita harus takut uang yang kita hasilkan tidak dibayarkan.

Setelah menemukan tempat yang tepat, masih harus mencari topik yang pas juga.

Anda pilih mana?

  1. Memasarkan asuransi, dimana anda mendapatkan uang besar, tapi saingannya buanyak sekali
  2. Memasarkan tas anak, dimana anda mendapatkan uang tidak terlalu besar, tapi saingannya sedikit

Yah, intinya, internet marketing itu terlalu luas untuk anda pelajari seorang diri. Apalagi internet marketing itu berkembang terus.


0 komentar: