mengenal e-gold

E-Gold adalah suatu alat pembayaran digital baru (digital cash) yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh E-Gold Ltd., standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan E-gold.

E-Gold merupakan alat pembayaran resmi didunia maya yang paling populer yang digunakan sejak tahun 1996 dan merupakan mata uang virtual yang nilainya dapat disesuaikan dengan berbagai banyak mata uang. Sistem yang digunakan adalah harga Logam mulia (emas) dunia.

Jadi misalnya jika anda beli E-Gold hari ini sebesar U$100 anda mendapat misal 10 gram emas maka yang dihitung bukan dalam bentuk dollar yang anda masukkan, tapi jumlah emas yang anda beli (ataupun jual) yaitu sebesar 10 gram, maka besok jika harga emas naik, jika diuangkan emas anda yang 10 gram menjadi misal U$100,8 seperti itu. Di Balance (Rekening anda di E-Gold) akan berubah juga menjadi U$100,8

E-Gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollars, bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas ataupun logam dalam mata uang E-Gold. Malahan setiap transaksi dilakukan secara elektronis melalui internet, tidak terbatas oleh letak geografis suatu negara.


E-Gold pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan e-mail. Bedanya e-mail adalah sebagai pengganti surat kosnvensional yang dikirimkan dengan perangko melalui kantor pos; sedangkan E-Gold adalah sebagai pengganti (alternatif) untuk transfer uang ataupun pembayaran yang biasa dilakukan melalui perantara bank (ATM, transfer antar bank, bank draft, dan juga pos wesel).

0 komentar: